Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Friday September 22, 2017
Home  //  PROGRAM  //  Program Studi Magister (S2)  //  Agroteknologi Tanah  //  Profil
  • Register

Choose Language

Indonesian English

BERITA TERKINI

                                    

AUN-QA ASSESSMENT AT PROGRAM LEVEL

BOGOR, 30 May – 1 June 2017

Study Program of Land Resource Management - Faculty of Agriculture

Print
Email

Profil

Written by Super User
Category: PS S2 ATT

Tanah merupakan sumberdaya dasar bagi kehidupan karena mempunyai sifat khas yang mampu mendukung kehidupan flora, fauna dan manusia. Kerusakan lingkungan hidup, seperti yang ditandai dengan banjir, longsor, kekeringan, kebakaran lahan dan perubahan iklim sangat berkaitan dengan tanah bermasalah (problem soils) yang semakin meluas. Sebagai akibatnya, kerusakan lingkungan hidup semakin intensif sehingga menyebabkan kelangkaan air bersih bagi kehidupan; kelangkaan bahan pangan, serat, kayu dan hasil-hasil pertanian lainnya. Kondisi ini berdampak pada ketahanan pangan, ketahanan energi yang akhirnya pada ketahanan nasional. Sehubungan dengan itu maka pengembangan program pendidikan pasca sarjana yang dapat menjawab permasalahan di atas sangat diperlukan.

Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, IPB mendapat mandat untuk mengembangkan ilmu dan teknologi tanah dan lahan dilihat dari segi biofisik dan ruang meliputi pencirian, penggolongan, inventarisasi, dan proses-proses yang terjadi serta perencanaan pemanfaatan dan pengelolaan tanah dan lahan yang berkelanjutan Sejalan dengan program IPB menuju research based university melalui penguatan program pasca sarjana, mulai tahun 2007 departemen ini membuka pendidikan pasca sarjana strata 2 (S2) dengan mayor Agroteknologi Tanah.

Pendidikan S2 Agroteknologi Tanah ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin memiliki kemampuan dalam mengembangkan teknologi pemanfaatan bahan alami untuk mengatasi faktor-faktor penghambat pada tanah-tanah bermasalah (problem soils) seperti tanah sulfat masam, tanah gambut, tanah kritis, tanah bekas tambang, dan tanah rusak lainnya untuk meningkatkan produksi pertanian serta penyerasian lingkungan secara cerdas.

SEMINAR NASIONAL ILMU TANAH 2015

Find Us

Twitter

Info Akademik

Info Akademik Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan

Download

Download Notulen Rabuan Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Guests Online

We have 17 guests and no members online

Statistics

Articles View Hits
1078952