Bogor Agricultural University

DEPARTEMEN ILMU TANAH DAN SUMBERDAYA LAHAN

Fakultas Pertanian - Institut Pertanian Bogor

Wednesday November 22, 2017
Home
  • Register

Choose Language

Indonesian English

Articles

Print
Email
Category: Frontpage

asian soil partnership 2015

Tanggal 13-15 Mei 2015, FAO mengundang perwakilan organisasi profesi ilmu tanah dan lembaga yang mengurusi tanah se Asia dalam pertemuan Asian Soil Partnership di Bangkok, Thailand.  HITI diwakili Sekjen bersama 2 orang dari BBSDLP mewakili Indonesia dalam pertemuan tersebut. Pertemuan diikuti 42 orang dari 19 negara: Bangladesh, Bhutan, Cambodia, India, Indonesia, Japan, Korea Selatan, Korea Utara, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Pakistan, Philippnes, Sri Lanka, Taiwan, Timor Leste, Thailand, Vietnam. 

Agenda yang dibahas: (1) Identifikasi masalah tanah di masing-masing negara sebagai lesson learned untuk bisa diterapkan di negara lain yang memiliki permasalahan yang sama. (2) FAO mendorong perbaikan tanah-tanah yang rusak di masing-masing negara untuk direhabilitasi melalui kebijakan negara masing-masing untuk peningkatan produksi pangan dan menjaga kelestarian sumberdaya tanah melalui teknologi yang sudah ada. (3) Membentuk Steering Committee Asian Soil Partnership. Setelah melalui diskusi panjang akhirnya diputuskan anggota Steering Committee: Indonesia, India, Japan, Phillipnes, Korea, Mongolia, Pakistan, Sri Lanka, Thailand. Ketua SC Thailand dengan pertimbangan dekat dengan kantor FAO yang berada di Thailand.

Dalam diskusi dibagi menjadi kelompok kerja kecil yang membahas topik khusus yang berkaitan dengan bagaimana mengatasi permasalahan lahan untuk meningkatkan produksi pangan, sandang, papan dan energi. Diskusi lebih mendalam akan dilakukan dalam waktu dekat untuk mengambil kesimpulan dan melakukan aksi di lapang. Demikian sekilas informasi hasil pertemuan Asian Soil Partnership di Bangkok.

Sumber: Dr Ir Suwardi, MAgr (Sekjen HITI/ Dosen Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Faperta IPB)

 

 

 

 

 

Archives

Agenda

  • Fieldtrip Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Lahan Angkatan 53
  • Silaturahmi/ Temu Kangen Keluarga Besar Departemen Ilmu tanah dan Sumberdaya Lahan, Faperta IPB